Jasa Tirta I dan PT PLN IP Sebar 100.000 Ikan Tawes dan Patin di Waduk Wonogiri

2024, Jasa Tirta I bersama dengan PT PLN Indonesia Power (PT PLN IP) bersama melakukan kegiatan rutin penebaran bibit ikan di Waduk Wonogiri. Kegiatan ini rutin dilakukan guna menambah stok ikan di Waduk Wonogiri. Kegiatan dilaksanakan Rabu, 12 Juni 2024.

Tahun ini akan ditebar 100.000 bibit ikan yang terdiri dari 50.000 ikan tawes dan ikan patin.. Adapun kegiatan penyebaran ikan dilakukan karena penangkapan ikan patin di area Waduk Wonogiri terbilang tinggi baik dilakukan oleh nelayan ataupun pemancing yang datang dari berbagai daerah. Untuk populasi tawes juga demikian, berdasarkan hasil studi yang dilakukan populasi ikan tawes menurun dan pemijahan alami yang terjadi sangat sedikit. Sehingga kegiatan penebaran ini sudah tepat dilakukan.

Menanggapi kegiatan restoking ikan di Waduk Wonogiri, Pgs. Direktur Utama PJT I Bapak Milfan Rantawi menyampaikan bahwa kegiatan dari sisi ekologi kegiatan restoking tentunya dapat mengembalikan keseimbangan mata rantau kehidupan dalam waduk. Hal ini bertujuan untuk mencegah terhadinya kelimbahad jasad renik/ blooming. Adapun dari sisi lingkungan dampak dari blooming adalah penurunan kualitas air atau pencemaran baik di waduk maupun aliran sungai di bagian hilir. Sehingga jelas bahwa ikan memiliki peranan penting dalam keseimbangan mata rantai ekosistem di waduk, ujar Milfan.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menambah jumlah stok ikan di perairan umum sehingga nantinya memberikan manfaat bagi para nelayan secara ekonomi. Peningkatan daya dukung perairan atas budidaya ikan yang dilakukan diharapkan dapat memberikan manfaat tentunya kepada masyarakat nelayan yang berada di sekitar waduk. Disampaikan oleh Milfan bahwa kolaborasi yang dilakukan secara berkala antara PJT I dan PT PLN NP diharapkan dapat memberikan manfaat tidak hanya bagi lingkungan namun juga memberikan efek positif bagi masyarakat, ujarnya.

———————————————–
Sub Divisi Humas dan Informasi Publik

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.