Patroli Air Bengawan Solo, Upaya Jasa Tirta I Bersama Jaga Kelestarian Sungai

Sebagai operator di salah satu wilayah sungai (WS) strategis nasional yaitu Sungai Bengawan Solo, Jasa Tirta I laksanakan kegiatan susur sungai bersama para pemangku kepentingan. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 28 Mei 2024 hingga berakhir Rabu 05 Juni 2024 kemarin. Rute yang diambil pada kegiatan yaitu dari outlet Bendungan Wonogiri hingga pertemuan Kali Bengawan Solo dan Kali Madiun. Kegiatan patroli air difokuskan pada wilayah Bengawan Solo Hulu. Kegiatan ini dilaksanakan oleh PJT I bersama dengan Balai Besar Sungai Bengawan Solo (BBWS BS), Balai Pengelolaan Sumber Daya Air Bengawan Solo (Balai PSDA BS) serta Tim SAR Majelis Tafsir Al Qur’an (MTA) Surakarta.

Pada kegiatan susur sungai, ketiga instansi terkait menugaskan pelaksana survey perwakilan masing-masing instansi untuk melaksanakan kegiatan patrol air. Kegiatan yang direncanakan akan dilaksanakan 7 hari yaitu 28 Mei hingga 06 Juni 2024, selesai lebih cepat karena peserta patroli air telah berhasil untuk memetakan serta menginventarisasi area Bengawan Solo Hulu sehingga jadwal kegiatan dimampatkan.

Pgs. Direktur Utama sekaligus Direktur Operasional PJT I Bapak Milfan Rantawi yang dihubungi pada Kamis 06 Juni menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan oleh PJT I. Disampaikan oleh beliau bahwa selaku operator, PJT I menjalankan penugasan sesuai amanat pemerintah untuk melakukan kegiatan pemantauan. Hasilnya nanti akan dilaporkan kepada BBWS BS dan Balai PSDA Bengawan Solo. “Kami menjalankan fungsi kami dalam hal pengawasan dengan tentunya meminta keterlibatan stakeholder terkait,”ujarnya.

Lebih lanjut Milfan juga menyampaikan bahwa kegiatan patroli air atau susur sungai dilakukan dengan tujuan melakukan pembaruan data lapangan untuk keperluan inventarisasi awal kegiatan monitoring dan pemantauan kondisi badan air, pemantauan lokasi pengambilan air untuk kegiatan pengusahaan SDA, lokasi aktivitas penyeberangan sungai, pemantauan lokasi rawan pencemaran dan pemantauan kondisi tanggul Sungai Bengawan Solo Hulu. Menjaga kualitas air adalah tugas kita bersama, karenanya kegiatan patrol air rutin dilakukan dengan melibatkan stakleholder dan shareholder terkait termasuk didalamnya masyarakat. “Menjaga air sama dengan menjaga masa depan, karenanya semoga kita semua dapat selalu berupaya untuk menjaganya bersama-sama,” ujarnya menutup pembicaraan.

————————————————-
Sub Divisi Humas dan Informasi Publik

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.