Jasa Tirta I Tanam Pohon Serentak, Peringati Hari Air Dunia 2024

22 Maret diperingati sebagai Hari Air Dunia (HAD) dan sebagai upaya untuk mengingatkan tentang pentingnya Air, dilaksanakan kegiatan penghijauan dengan penanaman pohon serentak di 5 (lima) Wilayah Sungai (WS) yang dikelola Perum Jasa Tirta I.
5 lokasi penghijauan dimaksud adalah di Desa Tlekung, Kota Batu, dilaksanakan penanaman 5000 Batang, Waruturi Kab.Kediri sebanyak 4000 Batang, Desa Kare, Madiun sebanyak 5000 Batang, Hulu Rawa Pening, Kab. Semarang sebanyak 1000 Batang dan Desa Ambar Halim, Kabupaten Toba sebanyak 1500 Batang.

Kegiatan penanaman tersebut juga mengundang stakeholder perusahaan di masing-masing wilayah. Selain penanaman pohon, dilaksanakan juga kegiatan edukasi bagi anak usia dini dari Taman Kanak Kanak maupun Sekolah Dasar yang berlokasi di dekat wilayah penanaman. Adapun kegiatan edukasi tersebut berupa story telling tentang air serta berbagai mini games dan hiburan yang dikemas dengan kreatif untuk mengedukasi anak usia dini tentang pentingnya melestarikan air bagi kehidupan. Selain itu, anak-anak juga dilibatkan saat penanaman pohon bersama stakeholder terkait.

Kegiatan penanaman pohon di WS Toba Asahan dihadiri oleh seluruh Direksi PJTI. Direktur Operasional Bapak Milfan Rantawi menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen PJT I dalam menjaga sumber daya air melalui generasi yang akan datang.
Dengan tema Water For Peace PJT I berusaha untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya air.

“Untuk generasi muda Kami berupaya melakukan edukasi dengan media yang berbeda yaitu story telling dengan tajuk Air Bercerita agar esensi peranan penting air untuk kehidupan dapat dicerna dengan cara yang menyenangkan,” ungkapnya.

“pohon yang ditanam adalah jenis pohon keras yang bernilai ekonomis,” tambah Direktur Keuangan, Pengelolaan Sumber Daya dan Manajemen Risiko Bapak Mukhamad Taufiq yang ikut hadir pada kegiatan peringatan HAD di Toba Asahan.

“Namun di lokasi Desa Ambar Halim juga dipilih beberapa Tanaman buah dengan harapan nantinya tidak hanya mampu menjaga air namun hasilnya juga dapat dinikmati oleh masyarakat. Tujuan lainnya adalah agar masyarakat bersemangat menanam karena dalam jangka panjang buah hasil panen akan mereka nikmati,” Taufiq menambahkan.

Menutup pembicaraan, Direktur Utama PJT I Bapak Fahmi Hidayat menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai wujud kolaborasi serta komitmen bersama untuk menjaga kelestarian SDA. “Menjaga air adalah tugas kita bersama, dan semoga kegiatan yang kita laksanakan dapat dinikmati hasilnya hingga anak cucu kita kelak karena sangat penting menanamkan rasa peduli untuk melestarikan air untuk ketahanan air di masa mendatang,”ujar Fahmi.

———————————————————-
Sub Divisi Humas dan Informasi Publik

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.