Sinergi Jasa Tirta I dan Stakeholder, Bersama Tangani Banjir di Kabupaten Mojokerto

Hujan lebat sejak 5 Maret 2024 di area Brantas Tengah mengakibatkan peningkatan debit cukup signifikan sehingga mengakibatkan kerusakan tanggul sungai sehingga pada tanggal 6 Maret 2024 terjadi banjir di beberapa lokasi area Kabupaten Mojokerto.

Kondisi tersebut diperparah dengan terjadinya hujan lebat pada tanggal 9 Maret 2024 yang mengakibatkan banjir susulan serta rusaknya konstruksi darurat yang telah dibangun mulai tanggal 7 Maret 2024.

Berdasarkan koordinasi bersama di lapangan antara Kepala BBWS Brantas, Dirut PJT I dan PUSDA Prov Jatim, masing-masing instansi kemudian bersepakat berbagi tugas dalam penanganan di beberapa lokasi terdampak banjir. PJT I bertugas menangani perbaikan darurat tanggul Kali Brangkal yang mengakibatkan banjir di Kec. Sooko, Kab. Mojokerto pada 2 lokasi yaitu Desa Wringinrejo dan Desa Sambiroto dengan didukung oleh Dinas PUPR Kab. Mojokerto serta warga sekitar dalam pelaksanaanya.

Selain melaksanakan kegiatan penanganan perbaikan darurat pada 2 lokasi tersebut, PJT I juga memberikan dukungan material banjiran berupa jumbo bag untuk penanganan putusnya tanggul Kali Sadar yang dilaksanakan oleh BBWS Brantas.

Direktur SPB BNPB dan Bupati Mojokerto beserta jajarannya meninjau langsung kegiatan penanganan perbaikan darurat yang dilaksanakan PJT I serta memberikan dukungan kebutuhan alat & tenaga yang diperlukan untuk mempercepat penyelesaian perbaikan darurat termasuk alternatif rencana penanganan selanjutnya.

Dihubungi Kamis 14 Maret 2024, Direktur Utama PJT I Bapak Fahmi Hidayat menyampaikan bahwa sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat, PJT I melalui Tim TJSL telah menyalurkan bantuan melalui BPBD Kabupaten Mojokerjo. Bantuan berupa sembako diserahkan pada Rabu, 13 Maret 2024, dan diterima langsung oleh Kabid. Kedaruratan dan Logistik BPBD Kab. Mojokerto.

Menutup pembicaraan, Fahmi menyampaikan harapan semoga upaya yang telah dilakukan oleh PJT I dapat memininalisir dampak kerusakan tanggul di Kali Brangkal dan Kali Sadar serta dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat terjadinya banjir di Kab. Mojokerto, ujarnya menutup pembicaraan.

———————————————————-
Sub Divisi Humas dan Informasi Publik

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.