Tingkatkan Kepedulian Generasi Muda akan Pelestarian Sumber Daya Air, Perum Jasa Tirta I Gelar Temu Ilmiah JKPKA ke-25

Menghadapi tantangan di era globalisasi, membutuhkan kerjasama antar berbagai pemangku kepentingan untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya air sebagai sumber kehidupan, serta komitmen untuk melindungi, menggunakan, dan mengelola Sumber Daya Air (SDA) secara terpadu dan berkelanjutan.  

Sebagai salah satu tugas PJT I yang diamanatkan pemerintah adalah memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan pemberdayaan masyarakat. Dalam upaya edukasi pelestarian sumber daya air kepada masyarakat, PJT I berkolaborasi dengan organisasi non-pemerintah dan institusi pendidikan, yaitu dengan Jaring-jaring Komunikasi Pemantauan Kualitas Air (JKPKA) dan Universitas Negeri Malang (UM). 

Sebagai puncak kegiatan, PJT I bersama JKPKA menyelenggarakan kegiatan Temu Ilmiah ke-25 JKPKA tahun 2023 dengan tema “Pelestarian Sumber Daya Air di Era Globalisasi” pada tanggal 20 Desember 2023. Dalam kegiatan tersebut, dilakukan Presentasi oleh para Finalis JKPKA Competition 2023 diantaranya Lomba Karya Tulis Ilmiah oleh Guru Pembina JKPKA dan Laporan Pemantauan Kualitas Air oleh siswa anggota JKPKA. Selain itu, dalam JKPKA Competition 2023 juga diadakan lomba Poster Digital dan non-digital dengan tema Pelestarian SDA. 

JKPKA Competition Tahun 2023 diikuti oleh 26 kelompok siswa dan siswi anggota JKPKA yang mengikuti lomba laporan pemantauan kualitas air dan 4 kelompok guru yang telah menyampaikan ide dan inovasi terkait pelestarian SDA melalui karya tulis ilmiah. Selain itu, sebanyak 38 karya poster digital dan 13 karya poster non-digital dengan tema pelestarian SDA yang masuk dalam penilaian dewan juri yang terdiri dari perwakilan PJT I, Bapak Wijayanto Hasan, Pembina JKPKA Bapak Soetarno Said, perwakilan Universitas Negeri Malang, Prof Sugeng Utaya dan Ibu Silvana Andriani perwakilan Guru Seni Budaya.

Dalam acara temu ilmiah JKPKA yang digelar di Kantor Pusat PJT I, dilaksanakan presentasi dari 6 kelompok siswa SMA yang terpilih sebagai finalis. antara lain dari SMA Negeri 2 Jombang, SMK Negeri 7 Malang, SMA Negeri 1 Tulungagung, SMK Negeri Nawangan 1 dan SMA Laboratorium UM (2 tim). Dari hasil penilaian juri diperoleh juara pertama dari tim SMA Negeri 2 Jombang yang mengusung judul “Pemantauan Kualitas Air Sungai di DAS Kali Brantas Kabupaten Jombang menggunakan Metode Biologi, Kimia dan Fisika”.
Untuk Kategori Karya Tulis Ilmiah oleh Guru Pembina dimenangkan oleh Bapak Priya Santosa dari SMA Negeri 1 Dolopo yang mempresentasikan karya tulis ilmiah dengan judul “Jejak Terumbu Karang Historis pada Dasar Sungai Palempayung Penyeimbang Kualitas Biota Air Daerah Aliran Sungai Bengawan Solo, Madiun”

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Utama PJT I, Bapak Fahmi Hidayat. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa PJT I akan terus mendukung kegiatan positif yang dilakukan bersama dengan JKPKA sebagai best practice bentuk pemberdayaan masyarakat turut serta dalam pemantauan kualitas air sungai.

Sinergi yang berkesinambungan dengan JKPKA diharapkan mampu mewujudkan pengelolaan sumber daya air terpadu dan meningkatkan kepedulian masyarakat khususnya generasi muda dalam menjaga keberlanjutan sumber daya air serta meningkatkan kompetensi tenaga pengajar khususnya dalam hal pengelolaan sumber daya air. “Dari guru-guru bertalenta yang menjadi anggota JKPKA kami harapkan muncul ide-ide inovasi dalam menghadapi segala tantangan keberlanjutan sumber daya air. Melalui karya tulis ilmiah maupun penelitian yang telah dilakukan, dapat membuka peluang para guru menjadi pembicara dalam forum internasional membahas permasalahan air dan lingkungan seperti World Water Forum.” ujar Bapak Fahmi menutup pembicaraan.

———
Sub Divisi Humas dan Informasi Publik

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.