Perum Jasa Tirta I Gelar Pelatihan di Bidang Pertanian, Optimalisasi Hasil Tanaman Holtikultura Dengan Metode Hayati

Perum Jasa Tirta I kembali menggelar pelatihan Mitra Binaan pada hari Kamis tanggal 21 Desember 2023 di Desa Karangsono, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Sekitar 10 petani yang telah mendapatkan bantuan Program Usaha Mikro Kecil Perum Jasa Tirta I di Kabupaten Blitar ikut dalam pelatihan dengan tema Optimalisasi Hasil Tanaman Holtikultura Dengan Metode Hayati ini.

Pada pelatihan ini materi disampaikan langsung oleh Dosen dan Praktisi serta Laboran dari Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya degan konsentrasi Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan. Materi I yang disampaikan oleh Bapak Antok Wahyu Sektiono, SP, MP dengan materi Teknik Optimalisasi Tanaman Holtikultura (Cabai) sedangkan Materi II disampaikan oleh Laboran Bapak Tomo Agus Supriyantono, ST terkait Teknik Pengayaan Agens Hayati dengan Pemberdayaan Potensi Mikororganisme dan Jamur.

Pelatihan ini dibagi dalam 2 sesi yaitu pemaparan secara teori dan praktek dalam membuat pupuk alami. Praktek yang dilakukan terbagi menjadi dua, yang pertama praktek dalam pembuatan kompos dari kotoran kambing dan yang kedua praktek perbanyakan agens hayati dari media jamur dan bakteri.
“Harapannya dengan dilaksanakannya pelatihan ini, para petani mitra Binaan Perum Jasa Tirta I dapat membuat pupuk seacara alami yang tidak hanya dapat digunakan sendiri, namun juga dapat dikembangkan menjadi suatu ladang bisnis yang dapt dikembangkan,” kata Kepala Sub Divisi TJSL PJT I, Nina Meita Sari.

Dipenghujung acara Kepala Subdiv Pengelolaan TJSL Ibu Nina Meita Sari memberikan secara simbolis Benih dari cabai dan peralatan demo dalam perbanyakan agens hayati, agar dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh para Mitra Binaan dalam bidang pertanian.

Sub Divisi Humas dan Informasi Publik PJT I

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.