Jasa Tirta I Targetkan SPAM Bango Beroperasi 200 LPS di Desember 2023

Malang – Perum Jasa Tirta (PJT) I menargetkan pembangunan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Bango di Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang bisa segera selesai di akhir 2023. Secara bertahap pembangunan SPAM yang dikerjasamakan PJT I dengan Pemkot Malang melalui Perumda Tugu Tirta masih terus dilakukan.

Uji coba Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan kapasitas sebesar 100 lps (liter per second) akan dilakukan tanggal 21 September 2023. Namun sembari ujicoba dilakukan, kapasitas akan terus ditingkatkan hingga 200 lps pada bulan Desember 2023 dan bisa tersambung hingga didistribusikan untuk masyarakat melalui Perumda Tugu Tirta Kota Malang.

“Ujicoba kelayakan produksi air bersih menggunakan air baku dari Sungai Bango ini dijadwalkan pada tanggal 21 September 2023. Mundur dari jadwal sebelumnya pada Agustus 2023. Pada Desember 2023 baru disempurnakan sebesar 200 lps,” kata Direktur Operasional PJT I, Milfan Rantawi saat meninjau SPAM Bango bersama Wali Kota Malang, Kamis (7/9/2023)

Terkait progres pembangunan, Milfan menuturkan, sampai detik ini pekerjaan terus on progres. “Sejauh ini pekerjaan pembangunan (SPAM Bango) saat ini masih on the track dan tidak molor. Keterlambatan masih di bawah ambang batas 5 persen. Itu sifatnya masih dalam batas kewajaran,” ungkapnya.

Menurutnya, pengerjaan bisa dikatakan terlambat, ketika nilai keterlambatan di atas angka 5 persen. Terkadang, lanjut dia, keterlambatan disebabkan dan diipengaruh oleh hal teknis seperti pengangkutan barang atau material on site,” tuturnya.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, metode water treatment plant (WTP) dengan memanfaatkan air permukaan dari Sungai Bango menjadi penguatan penyediaan air baku di Perumda Tugu Tirta Kota Malang. “Ini menjadikan pelayanan kebutuhan air bersih kepada pelanggan PDAM lebih tersedia,” kata Sutiaji.

Sutiaji menilai pekerjaan SPAM Bango yang dibangun oleh PJT I sudah on the track (sesuai target). Dalam waktu dekat, PJT I akan melakukan ujicoba produksi airnya. Untuk menilai sudah layak apa tidak, sebelum dialirkan ke pipa PDAM.

“Setelah tahap pertama 200 lps ini selesai dan beres,pembangunan untuk penyediaan air baku akan terus ditingkatkan hingga menjadi total 500 lps. Kami juga berharap kepada PJT I bisa membantu memenuhi kebutuhan air baku di Kota Malang sebesar 1.500 lps karena (kapasitas tersebut) akan aman dalam melayani pelanggan sepanjang 25 tahun ke depan,” harapnya.

Sutiaji meminta pada PJT I untuk memastikan dulu kelayakan air baku dari SPAM Bango sebelum dialirkan ke pipa Perumda Tugu Tirta. “Ketika sudah beres dan selesai semuanya,diharapkan pada bulan Desember 2023 nanti, air baku sudah dapat teralirkan ke pipa Perumda Tugu Tirta. Memudahkan penyediaan air baku pada 2027 ke depan,untuk kebutuhan air baku sebesar 500 lps sudah tidak ada masalah,” pungkasnya.

——
Subdiv Humas dan Informasi Publik PJT I

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.