Jaga Ekosistem, Jasa Tirta I Sebar 25.000 Ikan di Waduk Delingan

Bersama dengan stakeholder dan instansi terkait, Kamis 27 Juli 2023 Jasa Tirta I melakukan penebaran 25.000 Ikan di Waduk Delingan. Waduk Delingan secara hidrologi memiliki induk Sungai yaitu Bengawan Solo. Waduk Delingan merupakan sebuah ekosistem air tawar yang berlokasi di Dukuh Pojok, Desa Delingan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar. Memiliki fungsi utama untuk sarana irigasi pertanian bagi kurang lebih area seluas 2.410 hektar, waduk ini juga dimanfaatkan masyarakat untuk kegiatan wisata pemancingan dan kegiatan perikanan.

Dalam kegiatan penebaran bibit ikan di Waduk Delingan, PJT I bersama dengan BBWS Bengawan Solo, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Karanganyar, Camat Karanganyar, KORAMIL Karanganyar, POLSEK Karanganyar, BPBD Karanganyar, Kepala Desa Delingan, Direktur PDAM Karanganyar dan Komunitas Pecinta Waduk “Kyai Delingan” Karanganyar.

Kegiatan penerbaran ikan di Waduk Delingan merupakan bagian dari program clear.cut 2023 bersama dengan BWS Bengawan Solo. PJT I ikut serta dalam menjaga untuk menjaga keseimbangan akuatik di Waduk Delingan. Sinergi dengan BBWS dilakukan tentunya agar pengelolaan SDA terutama di Wilayah Sungai (WS) Bengawan Solo dapat terselenggara dengan baik.

Kepala Divisi Jasa ASA III Bapak Erwando Rachmadi menyampaikan kegiatan penebaran ikan ini adalah upaya PJT I untuk mengembalikan fungsi dan peran perairan umum di Waduk Delingan. Disampaikan juga bahwa kegiatan bersama dengan para stakeholder dan mitra terkait menjadi upaya PJT I melibatkan seluruh pihak dalam menjaga keberlangsungan sumberdaya air. Kelompok masyarakat juga kami libatkan tentunya agar semakin banyak pihak-pihak yang berperan aktif untuk menjaga SDA yang kita miliki, ujarnya menutur pembicaraan.
———————————————-
Sub Divisi Humas dan Informasi Publik

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.