Flushing Bendungan Sengguruh, Agenda Rutin Jasa Tirta I untuk Optimalkan Fungsi Bendungan

Tahun 2023, Jasa Tirta I kembali laksanakan flushing atau penggelontoran sedimen yang ada di Waduk Sengguruh. Kegiatan ini dilandasi beberapa penyebab yaitu sedimen yang ada di Waduk Sengguruh telah mendekati intake PLTA sehingga perlu dilakukan penanganan untuk mencegah sedimen agar tidak masuk ke turbin, dan adanya sampah di area trashrack PLTA Sengguruh yang juga berpotensi mengganggu operasional PLTA. Selain itu, adanya 3 unit sand flushing yang tidak dapat beroperasi membutuhkan inspeksi untuk tindakan perbaikannya.

Kegiatan flushing yang sedianya akan dilaksanakan dari 19-23 Juni 2023 ini diperpanjang hingga 28 Juni 2023, hal ini dikarenakan adanya kerusakan pada trashrack intake PLTA Sengguruh yang memerlukan waktu lebih untuk perbaikan.

Bendungan Sengguruh sendiri merupakan bendungan yang terletak di hulu sungai Brantas. Akibat cukup tingginya laju sedimentasi mencapai 2 juta meter kubik pertahun, daya tampung waduk telah menurun drastis dari kapasitas di awal pembangunannya di tahun 1989 sebesar 21,5 juta meter kubik menjadi hampir 1,12 juta meter kubik pada tahun 2023.

Sebagai pengelola Bendungan Sengguruh, PJT I secara rutin melakukan kegiatan flushing ini sejak tahun 2016, hal ini merupakan salah satu bentuk implementasi penggunaan Biaya Jasa Pengelolaan Sumber Daya Air (BJPSDA) kepada pemanfaat, dimana kegiatan flushing ini selain untuk meningkatkan daya tampung waduk dan PLTA, namun juga untuk mengoptimalkan fungsi Bendungan Sengguruh yang lain seperti penahan sedimen dan pengendali banjir.

———————————————–
Sub Divisi Humas dan Informasi Publik

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.