100.000 Ikan Nila dan Ikan Patin disebar Di Waduk Wonogori, Sinergi Jasa Tirta I dan PT PLN Indonesia Power

Perum Jasa Tirta 1 bersama dengan PT PLN Indonesia Power melakukan penebaran sebanyak 100.000 ekor benih dua jenis ikan yang merupakan komoditas utama dari Waduk Wonogiri yaitu nila hitam dan ikan patin. Sinergi kedua instansi dilakukan sebagai wujud Penebaran bibit ikan ini dilaksanakan pada Kamis 15 Juni 2023. 

Dalam kegiatan hadir juga stakeholder terkait dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Wonogiri, KODIM Kabupaten Wonigiri, Polres Kabupaten Wonogiri, BPBD Kabupaten Wonogiri, BPBD Kabupaten Wonogiri, POLRES Kabupaten Wonogiri, BPBD Kabupaten Wonogiri, Camat Wonogiri, Lurah Mulyorejo, PDAM Giri Tirta Sari Wonogiri, serta Paguyuban Nelayan WGM (Waduk Gajah Mungkur).

Kegiatan restocking atau penebaran bibit ikan bersama dengan stakeholder terkait merupakan salah satu upaya penambahan stok ikan tangkapan untuk ditebarkan diperairan umum yang dianggap telah mengalami krisis akibat penangkapan ikan atau tingkat pemanfaatan secara berlebihan. Hal ini untuk menambahkan stok ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi, juga bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang.

Kepala Divisi Jasa ASA III/1 Bapak Erwando Rachmadi yang ikut serta dalam kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan di Waduk Wonogiri. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah upaya yang diambil oleh PJT I bersinergi dengan instansi terkait untuk melestarikan ekosistem Waduk Wonogiri.

Dihubungi Rabu, 21 Juni 2023 Direktur Utama PJT I PJT I Bapak Fahmi Hidayat menyampaikan bahwa ikan nila hitam dan ikan patin dipilih karena jenis ikan ini mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Kegiatan ini diharapkan dapat menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Lebih jauh kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan populasi perikanan darat sehingga dapat menyeimbangkan ekosistem perairan. “Semoga sinergitas seluruh instansi terkait dapat terus terlaksana untuk mendukung keseimbangan ekosistem di Waduk Wonogiri”, ujarnya menutup percakapan.

———————————————–
Sub Divisi Humas dan Informasi Publik

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.