Upayakan Transformasi Organisasi untuk Optimalkan Bisnis Non SDA, Jasa Tirta I Raih Penghargaan Anugerah BUMN 2023

Sebagai upaya untuk mendongkrak bisnis di segmen Non Jasa Air, Jasa Tirta I telah melakukan penataan ulang struktur organisasinya. Atas upaya tersebut, Rabu malam (15/3) Jasa Tirta I berhasil meraih penghargaan dalam ajang Anugerah BUMN 2023 sebagai BUMN terbaik dalam hal Transformasi Organisasi. Penyerahan penghargaan diberikan secara langsung oleh Dr. Agus Nurudin, chairman BTrack Academy pada malam penghargaan yang digelar di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. Anugerah BUMN tahun ke-12 kali ini mengangkat tema “Akselerasi Transformasi Digital, Inovasi, Dan Recovery Bisnis BUMN” dan diikuti oleh 104 perusahaan BUMN dan anak BUMN.

Hadir secara langsung untuk menerima penghargaan Bapak Milfan Rantawi selaku Plt. Direktur Utama PJT I. Milfan menjelaskan bahwa Transformasi Organisasi menjadi menjadi salah satu poin penting perusahaan dalam beradaptasi merespon berbagai disrupsi. “Tahun 2022 kemarin kami telah melakukan perubahan struktur organisasi, dimana perusahaan telah menambahkan beberapa unit khusus untuk menangani inovasi bisnis dan portofolio,” ucap Milfan. Beliau juga menyampaikan bahwa adanya penambahan divisi ini bertujuan untuk mengakselerasi beberapa potensi pengembangan bisnis yang telah siap dioperasikan. “Sesuai penugasan Pemerintah, kami diamanahkan untuk melakukan pengusahaan di bidang jasa air dan ini sudah berjalan cukup baik selama 33 tahun usia PJT I mengabdi. Namun untuk dapat melakukan scaling up, kami tidak bisa hanya bergantung pada bisnis captive market ini. Perlu ada upaya inovasi dan terobosan untuk kami dapat terus bertumbuh,” jelas Milfan. “Pengembangan bisnis di bidang non jasa air ini adalah tantangan sekaligus peluang bagi kami untuk dapat berkembang”. Dijelaskan pada sesi wawancara, bahwa pengembangan bisnis ini antara lain berupa perluasan bisnis eksisting yang telah beroperasi, seperti bisnis SPAM, Pariwisata maupun Laboratorium Lingkungan. Hal lainnya adalah inovasi bisnis baru yang belum dikelola perusahaan, seperti PLTS terapung, carbon trading, pengaplikasian Smart Water Management dan beragam bisnis dari sektor non SDA lainnya.

“Saat ini perubahan proses bisnis berputar cepat. Adanya digitalisasi membawa banyak perubahan. Kami harus lebih adaptif dan serius dalam mengembangkan bisnis, agar PJT I ini tidak hanya menjadi perusahaan legendaris di masanya, namun dapat terus melaju di tengah pesatnya kompetisi bisnis kedepan,” ujar beliau. Dengan adanya perubahan organisasi dapat dirasakan bahwa saat ini prospek bisnis non jasa air PJT I lebih terlihat progresnya. “Saat ini kami sudah memperoleh beberapa rekanan maupun calon mitra yang siap bersinergi mengembangkan sejumlah bisnis baru,”.

“Penghargaan ini menjadi pemacu bagi Kami agar dapat lebih berinovasi dan terus mengakselerasi pertumbuhan Perusahaan. Kedepan tentunya tidaklah semakin mudah, tantangan yang akan kami hadapi akan lebih besar. Meskipun demikian, Milfan meyakini bahwa dengan mengoptimalkan talenta perusahaan, teknologi informasi, dan menjalin sinergisitas dengan berbagai pihak maka Perusahaan yang dipimpinnya akan dapat terus ada. “Terima kasih atas apresiasi yang diberikan, semoga kami dapat semakin memberikan layanan pengelolaan sumber daya air terbaik untuk Indonesia.” ujarnya menutup pembicaraan.

———————–
Sub Divisi Humas dan Informasi Publik

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.