Jasa Tirta I Bersama Insan PU se-Jawa Timur Peringati Harbak PU Ke 77 & 50 Tahun Bendungan Sutami Dengan Menanam 12 Ribu Pohon

3 Desember bagi insan Pekerjaan Umum (PU) merupakan momen istimewa, mengingat pada tanggal tersebut setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Bakti PU. Peringatan ini untuk mengenang sejarah tujuh pemuda PU yang gugur dalam mempertahankan Gedung Sate yang merupakan gedung pertama Departemen PU RI dari pasukan tentara sekutu (NICA) pada tahun 1945.

Dalam rangkaian peringatan Hari Bakti PU ke-77, seluruh instansi dan lembaga Pemerintah di bidang ke-PU an khususnya di Wilayah Jawa Timur menggelar kegiatan tanam pohon serentak. Kegiatan dilaksanakan Jumat, 2 Desember 2022 dan berpusat di Bendungan Sutami, Kabupaten Malang. Dalam kegiatan ini dilakukan penanaman pohon di seluruh Jawa Timur secara serentak sebanyak 12.357 batang pohon dengan rincian 500 batang di tanam di Sutami, 11.857 batang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur.

Jasa Tirta I sebagai salah satu Pengelola Sumber Daya Air di Wilayah Jawa Timur turut serta dalam kegiatan tanam pohon tersebut. Direktur Utama PJT I, Bapak Raymond Valiant Ruritan saat dihubungi pada 04 Desember 2022 menyampaikan bahwa dipilihnya Sutami sebagai titik pusat penyelenggaraan tanam pohon serentak ini sekaligus untuk memperingati ulang tahun emas Bendungan Sutami. “Sebagai bendungan terbesar di sepanjang aliran Brantas, Sutami telah menjalankan tugasnya untuk memakmurkan Jawa Timur selama 50 tahun”. Setidaknya lebih dari 34 ribu hektar sawah irigasi di Jawa Timur bergantung pada alokasi air yang ditampung Sutami setiap tahunnya. Lainnya, Bendungan dengan kapasitas tampungan 343 juta meter kubik ini juga berfungsi untuk mengendalikan banjir maksimal dari 4.200 meter kubik menjadi 1.600 meter kubik. Manfaat lainnya adalah untuk membangkitkan listrik dari PLTA berkapasitas 105 mega watt atau setara dengan produksi listrik sekitar 1.051 juta Kwh per tahunnya.

Seremonial dibuka oleh sambutan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bapak Haeruddin C. Maddi. Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa tanam pohon ini merupakan upaya konservasi yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan daerah tangkapan air dari ancaman erosi dan sedimentasi. “Kondisi sedimentasi di Sutami ini sudah semakin parah. Sudah lebih dari separo kapasitas bendungan terisi sedimentasi” jelas beliau. Permasalahan sedimentasi ini terjadi hampir di seluruh bendungan di Indonesia. Penyebabnya adalah laju erosi lahan di hulu yang semakin tinggi tiap tahunnya karena tutupan lahan yang semakin gundul.

Kepala Dinas PU SDA Provinsi Jawa Timur, Bapak Muhammad Isa Anshori juga berkesempatan menyampaikan sambutan dan sekaligus menyapa peserta tanam pohon dari 38 kabupaten/kota di seluruh Jatim yang terhubung secara daring dan diwakili oleh tiap Dinas PU kab/kota.

Dalam acara ini juga dilakukan pemotongan tumpeng untuk memperingati 50 tahun peresmian Bendungan Sutami oleh Direktur Utama PJT I.
Raymond juga berpesan bahwa kita semua harus ikut menjaga kelestarian Bendungan Sutami. “Usia bendungan ini telah melampui usia gunanya, perlu ada upaya ekstra untuk memelihara Sutami agar usianya dapat melampui usia kita dan anak cucu kita,” ucap Raymond.

Melalui peringatan hari Bakti Pekerjaan Umum ke-77, PJT I siap bersinergi secara aktif dengan berbagai pihak untuk melestarikan sumber daya air. Tidak hanya di Jawa Timur, namun di seluruh wilayah Indonesia. “Kita tidak bisa bekerja sendiri dalam mengelola sumber daya air, perlu upaya bersama dan kesadaran seluruh pihak, utamanya masyarakat dalam memperlakukan air dan sumber air,” ujar beliau menutup pembicaraan.

————————————————-
Sub Divisi Humas dan Informasi Publik

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.