Enter your keyword

Domestik

Perum Jasa Tirta I

Potensi PLTA/PLTM Baru dan Rehabilitasi PLTMH di WS Brantas

Saat ini di WS Kali Brantas terdapat 9 (sembilan) PLTA yang telah beroperasi dengan kapasitas terpasang sebesar 274,1 MW. Masih terdapat potensi pembangkitan listrik tenaga air sebesar 313,29 MW pada 22 titik di WS Kali Brantas. Potensi-potensi tersebut telah teridentifikasi sejak 1998 dan terus diperbarui oleh Perum Jasa Tirta I melalui studi kelayakan (feasibility study/FS) pada 2008, 2010, dan 2013. Pada tahun 2013, mulai dilakukan Review FS dan Detail Engineering Design (DED) untuk 5 (lima) potensi PLTM. Secara berkelanjutan di tahun-tahun mendatang, Review FS dan DED akan terus dilakukan untuk seluruh potensi lainnya.

Total rencana kapasitas pembangkitan 313,77 MW di atas terdiri dari potensi PLTA (>10 MW) sebesar 253,00 MW di 7 titik, PLTM (<10 MW) sebesar 60,19 MW di 13 titik, dan rehabilitasi PLTMH (0,1 – 1 MW) yang telah dibangun sebesar 0,58 MW di 2 titik. Rehabilitasi 1 PLTMH telah dilaksanakan oleh Perum Jasa Tirta I pada tahun 2014. Khusus tahun 2015, ijin operasi dan SLO untuk PLTMH yang telah direhabilitasi dalam proses pengajuan, sedangkan untuk 1 PLTM (<10 MW) dalam proses persiapan konstruksi.

Harapan dari pengembangan potensi PLTA/PLTM/PLTMH tersebut adalah Perum Jasa Tirta I bersama semua pihak dapat berkontribusi secara aktif memproduksi listrik ramah lingkungan yang bersumber dari energi terbarukan. Program tersebut selaras dengan program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan energi dengan menjamin ketersediaan listrik di Pulau Jawa untuk kebutuhan di masa depan. Kapasitas pembangkitan potensi-potensi tersebut masih dapat bertambah seiring dengan dikembangkannya teknologi terbaru untuk tinggi jatuh (head) yang sangat rendah < 4 m, yang cocok diaplikasikan pada saluran-saluran irigasi. Secara rinci, daftar potensi-potensi tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah ini :