Enter your keyword

Pendidikan lingkungan bersama JKPKA di Era Pandemi Covid-19

Info seputar Jasa Tirta 1

Pendidikan lingkungan bersama JKPKA di Era Pandemi Covid-19

Pendidikan lingkungan bersama JKPKA di Era Pandemi Covid-19

Kehidupan tetap berjalan dan bumi akan selalu berputar, sudah menjadi kewajiban kita lah untuk terus menjaga lingkungan setiap saat. Meski di tengah masa pandemi global, Jasa Tirta I bersama dengan JKPKA tetap menjalankan program edukasi pelestarian lingkungan perairan dan salah satunya melalui penyelenggaraan Webinar. Adapun seminar online kali ini mengambil tema Pembelajaran Jarak Jauh tentang Peningkatan Kualitas Air di Indonesia, di Era Pandemi Covid-19 dengan Model Water Inquiry yang diikuti guru-guru serta para penggiat lingkungan.

Bersama Jaring-Jaring Komunikasi Pemantauan Kualitas Air (JKPKA), Perum Jasa Tirta I serta Universitas Negeri Malang turut hadir sebagai pemateri. Webinar ini disiarkan langsung melalui live streaming youtube pada Rabu, 15 Juli 2020 dan diikuti oleh ribuan peserta di seluruh Indonesia.
Adapun narasumber pada webinar kali ini yakni :
1. Bapak Raymond Valiant R – Direktur Utama Perum Jasa Tirta I
2. Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si dari Pusat Studi Kebencanaan, Mitigasi, dan Lingkungan Universitas Negeri Malang
3. Bapak Soetarno – Koordinator Pusat JKPKA.
4. Bapak Budi Santoso, M.Pd – Koordinator Wilayah JKPKA Bagian Hilir DAS Brantas.

Water inquiry adalah metode pembelajaran yang diterapkan pada siswa sekolah (SMA dan SMP) untuk menganalisa kualitas air permukaan seperti air sungai, waduk, danau dengan cara memantau, mengambil sampel, dan menganalisa keragaman hayatinya untuk memperoleh skor kualitasnya. Metode ini berelasi dengan subyek pelajaran biologi, fisika, geografi, bahkan Bahasa Indonesia.

Edukasi di tiap tingkatan menjadi salah satu upaya menjaga kesinambungan dan keberlangsungan akan pentingnya kepedulian terhadap lingkungan.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz