Enter your keyword

Pembersihan Keramba di Bendungan Sutami

Info seputar Jasa Tirta 1

Pembersihan Keramba di Bendungan Sutami

Pembersihan Keramba di Bendungan Sutami

Keramba Jaring Apung (KJA) atau yang biasa dikenal oleh masyarakat lokal dengan sebutan waring menjadi permasalahan tersendiri di dalam pengelolaan waduk. Keberadaannya yang melebihi daya tampung perairan, akan berdampak pada penurunan kualitas air waduk. akibatnya pada musim kemarau, air waduk akan overnutrient dan menyebabkan fenomena blooming algae serta menyebabkan kematian massal pada ikan & organisme lain yang ada di waduk.

Sebagai upaya untuk mengatasi hal tersebut sejak Kamis 19 Maret lalu, PJT I melakukan kegiatan penertiban KJA di kawasan perairan Waduk Sutami. Dengan menggandeng Koramil, Polsek Sumberpucung, Dinas Perikanan Kab. Malang serta masyarakat kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) penertiban akhirnya dapat dilaksanakan dengan lancar dan aman. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara bertahap hingga akhir Bulan Maret 2020.

Sebelumnya, PJT I telah melakukan sosialisasi dan pendataan. Serangkaian komunikasi dengan pihak Pemerintahan Desa dan masyarakat pembudidaya ikan juga telah kerap kali dilakukan. Hal ini diperlukan agar diperoleh kesamaan pemahaman antar pihak akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan waduk yang juga menjadi sumber mata pencaharian masyarakat setempat.

Kegiatan penertiban tidak hanya akan dilakukan di zona pengusahaan namun secara bertahap akan dilaksanakan hingga ke zona suaka. Adapun keramba yang sudah masuk di zona suaka juga akan ditertibkan dan dibongkar. Karena di zona ini, kegiatan usaha apapun dilarang, hanya kegiatan yang berbasis konservasi lingkungan saja yang diperbolehkan.

Memahami atas situasi yang berkembang sekarang terkait penyebaran Virus Corona, kegiatan penertiban tetap dilaksanakan dan disesuaikan dengan memperhatikan Protokol Penanganan Virus Corona yakni pembatasan interaksi langsung antar orang atau social distancing. Jadwal yang telah tersusun pun dimungkinkan akan berubah menyesuaikan kondisi akibat wabah CoVid19 saat ini.

Dalam melaksanakan penertiban, sangat penting adanya kesadaran dari masyarakat. Karena kelestarian lingkungan hanya akan terjadi apabila ada kepedulian bersama, antara Pemerintah, Instansi/BUMN, dan masyarakat sekitar. Semoga hal ini menjadi langkah baik yang dapat memberikan manfaat bagi semua pihak!

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz