Enter your keyword

Forum Diskusi Antisipasi Banjir di Malang

Info seputar Jasa Tirta 1

Forum Diskusi Antisipasi Banjir di Malang

Forum Diskusi Antisipasi Banjir di Malang

Halo JTizen, sekarang kita sudah memasuki musim penghujan. Sebagai upaya antisipasi kejadian banjir di Kota Malang, Selasa 7 Januari 2020 PJT I ikut serta dalam diskusi bersama berbagai unsur lembaga di Kantor Radar Malang, Jawa Pos Grup. Acara bertajuk Mengantisipasi Banjir di Malang Raya, Menangkal Jakarta Effect dihadiri Direktur Utama Perum Jasa Tirta I Bapak Raymond Valiant Ruritan, Dekan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya sekaligus Ketua Dewan Pengawas PJT I Bapak Pitojo Tri Juwono, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Bapak Bagyo Setiono beserta sejumlah pakar lainnya.

Dalam diskusi disampaikan bahwa Sungai Brantas menjadi “drainase” utama dalam menampung limpasan akibat curah hujan yang turun di Kota Malang. Kondisi banjir terjadi ketika Sungai Brantas tidak mampu mengalirkan debit kala ulang 50 tahun sebesar 865 m3/det. Penyempitan sungai karena adanya aktivitas liar di sempadan menjadi penyebab berkurangnya fungsi drainase Sungai Brantas. Penyempitan akibat adanya bangunan-bangunan yang menjorok ke sungai perlu diwaspadai, karena dapat memicu naiknya air sungai ke permukaan.

Hal lain yang perlu menjadi perhatian dalam diskusi adalah perubahan alih fungsi saluran irigasi yang sudah ada sejak zaman Belanda menjadi saluran drainase tanpa adanya penyesuaian alignment saluran. Banyaknya bozem atau kolam tampungan sementara di Kota Malang yang saat ini telah hilang mengakibatkan terjadinya genangan di beberapa titik pada saat hujan lebat. Perlu dilakukan upaya multistakeholder untuk menertibkan segala pelanggaran yang terjadi. Keterlibatan aktif masyarakat untuk menjaga fungsi sungai juga menjadi hal yang diperlukan sebagai upaya antisipasi Banjir di Malang.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz