Enter your keyword

Kunjungan MLIT, JWA dan Nippon Koei ke PJT I

Info seputar Jasa Tirta 1

Kunjungan MLIT, JWA dan Nippon Koei ke PJT I

Kunjungan MLIT, JWA dan Nippon Koei ke PJT I

Dalam rangka pendalaman terkait pengelolaan sedimentasi di Wilayah Sungai (WS) Brantas, pada tanggal 9-10 September 2019 PJT I menerima kunjungan dari Ministry of Land, Industry, and Tourism Japan dan Japan Water Agency, serta Nippon Koei. Kunjungan di Kantor Pusat PJT I diterima langsung oleh Direktur Utama Bapak Raymond Valiant Ruritan. Dalam sesi diskusi Perum Jasa Tirta I memaparkan terkait kondisi tampungan waduk saat ini di WS Brantas. Akibat adanya permasalahan erosi dan sedimentasi mengakibatkan adanya penurunan usia guna waduk. Secara umum hal ini menjadi permasalahan di seluruh waduk di dunia. Dari pihak JWA juga turut menjelaskan kondisi sedimentasi yang terjadi pada waduk-waduk di Jepang beserta penanganannya.
Selanjutnya fokus pembahasan lebih mengarah ke pengelolaan sedimentasi di WS Brantas serta berbagai kemungkinan upaya penanganan yang bisa dilakukan untuk menambah usia guna Waduk.

Pasca diskusi di Kantor Pusat PJT I, tim melanjutkan kunjungan ke lokasi waduk yang dikelola oleh PJT I. Berawal dari Waduk Sengguruh di Malang bergerak terus ke hilir hingga ke Bendung Gerak Mrican di Kediri. Kunjungan lapangan dilakukan selama 2 hari dengan didampingi oleh tim Divisi Jasa ASA I dan II dari PJT I. Selama kunjungan, tim MLIT dan JWA mendapat penjelasan terkait upaya penanganan sedimentasi oleh PJT I, baik berupa pengerukan waduk maupun flushing series bendungan.

Kegiatan semacam ini, merupakan sarana bertukar ide dan pengalaman yang efektif dalam rangka meningkatkan upaya pengelolaan SDA berkesinambungan. Berbagi dan menggali ilmu sebagai upaya untuk terus memperbaiki diri agar dapat menjadi BUMN unggul pengelolaa SDA bertaraf nasional.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz