Enter your keyword

Keterlibatan Jasa Tirta I dalam Seremonial dan Sosialisasi kegiatan penghijauan di Embung Pea Roba Kabupaten Samosir

Info seputar Jasa Tirta 1

Keterlibatan Jasa Tirta I dalam Seremonial dan Sosialisasi kegiatan penghijauan di Embung Pea Roba Kabupaten Samosir

Keterlibatan Jasa Tirta I dalam Seremonial dan Sosialisasi kegiatan penghijauan di Embung Pea Roba Kabupaten Samosir

Dalam rangka peringatan Hari Bakti PUPR ke 72, pada hari Jumat 12 Januari 2018 Perum Jasa Tirta I bersama Balai Wilayah Sungai Sumatera II bersama-sama menyelenggarakan kegiatan Seremonial dan Sosialisasi kegiatan penghijauan di Embung Pea Roba, Desa Sihusapi, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Penghijauan yang dilakukan berupa penanaman 10.000 batang pohon buah-buahan durian, mangga, jengkol, alpukat dan nangka. Kegiatan ini dihadiri oleh Pemerintah Kabupaten Samosir, Instansi pemerintah di Kabupaten Samosir, Pelajar dan mayarakat.
Dalam sambutannya kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera II, Roy Panagom Pardede menyampaikan bahwa acara seremonial Penghijauan ini adalah rangkaian dari peringatan Hari Bakti PUPR ke 72 dengan tema “Perlindungan dan Optimalisasi fungsi Situ, Danau, Embung, Waduk dan Sumber Air Permukaan lainnya” yang dilakukan di 34 propinsi. Selain untuk mitigasi bencana menahan laju runoff, pohon-pohon penghijauan ini dapat menjaga keberlangsungan inflow air ke embung Pea Roba. dengan volume tampungan sebesar 50.000 m3 yang dapat digukanan sebagai air baku masyarakat Desa Sihusapi. Kepala Balai juga mengajak masyarakat untuk turut menjaga dan mendukung kegiatan penghijauan ini.
Deputi Operasional II Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta I, Ulie M Dewanto menyampaikan bahwa Perum Jasa Tirta I sebagai BUMN pengelola Sumber Daya Air melaksanakan tugas mendukung kegiatan konservasi air yang diantaranya melalui kegiatan penghijauan ini yang bersinergi dengan BWS Sumatera II-Kementerian PUPR. Penanaman pohon jenis buah-buahan dilakukan dengan melibatkan masyarakat, pelajar, tokoh masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat secara langsung di embung Pea Roba, dimana hasilnya dapat dimanfaatkan seluruhnya oleh masyarakat sekitar. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran bahwa Pemerintah Pusat memiliki perhatian kepada masyarakat hingga ke pelosok daerah.
Bupati Kabupaten Samosir, Rapidin Simbolon menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah dan masyarakat akan mendukung, menjaga dan berperan aktif sehingga Embung Pea Roba sebesar-besarnya dapat bermanfaat bagi masyarakat antara lain dapat digunakan sebagai sumber air bersih, suplai air irigasi dan sebagai destinasi wisata yang diperhitungkan. Untuk menunjang suksesnya tujuan ini, Pemerintah Kabupaten Samosir kedepannya akan memprioritaskan untuk pembangunan perpipaan air bersih, jaringan irigasi, peningkatan fasilitas jalan serta bangunan prasarana penunjang pariwisata. Pemerintah Kabupaten Samosir berharap, sebagaimana pembangunan Embung Pea Roba ini dapat dilakukan juga di lokasi-lokasi lain di wilayah administrasi Kabupaten Samosir.
Pada kegiatan penghijauan ini, Jajaran Pemkab Samosir, Balai Wilayah Sungai Sumatera II, Perum Jasa Tirta I, DPRD Kabupaten Samosir, Polres Samosir, Koramil Simanindo, BPN Samosir, PT Bajradaya Sentranusa, Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba, LSM, SMPN 2 Simanindo dan masyarakat turut melakukan penanaman pohon di kawasan Embung Pea Roba.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz