Enter your keyword

Refleksi atas PelestarianSumber Daya Air Bagi Generasi Muda Melaui JKPKA

Info seputar Jasa Tirta 1

Refleksi atas PelestarianSumber Daya Air Bagi Generasi Muda Melaui JKPKA

Refleksi atas PelestarianSumber Daya Air Bagi Generasi Muda Melaui JKPKA

Malang, 30 Agustus 2017-

Generasi muda menjadi salah satu aspek penting dalam menjaga sumber daya air yang berkelanjutan dan hal tersebut menjadi landasan kuat berdirinya Jaring-Jaring Komunikasi Pemantau Kualitas Air (JKPKA) di Wilayah Brantas pada 24 Juni 1997. JKPKA dengan sendirinya menjadi sekolah sungai pertama di Indonesia dan berdiri atas prakarsa dari Perum Jasa Tirta I (PJT I), Universitas Negeri Malang (UM) dan guru-guru SMA di Wilayah Sungai (WS) Brantas. JKPKA menjadi sarana mewujudkan sekolah yang peduli atas pengelolaan sumberdaya air secara komprehensif karena memasukkan aspek pengelolaan sungai dan lingkungan. Sungai dan lingkungan sekitar menjadi sumber pembelajaran yang masuk dalam materi lingkungan hidup dalam mata pelajaran di sekolah-sekolah anggota JKPKA. Saat ini keanggotaan JKPKA sudah hampir 200 sekolah SMA/SMK/MAN di WS Brantas maupun WS Bengawan Solo.
Sebagai upaya untuk semakin mengenalkan JKPKA, PJT I menyelenggarakan “Gebyar 20 Tahun JKPKA” yang mengambil tema Better Water for Better Future. Acara puncak penyelenggaraan kegiatan dilangsungkan di Gedung Pertamina SMKN 2 Malang pada tanggal 30 Agustus 2017. Sebelumnya sudah ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan yaitu pemecahan rekor MURI dengan kategori Pemantauan Terbesar Secara Serempak dengan Metode Bioassesment diikuti 1505 siswa anggota JKPKA. Rangkaian acara juga ada proses pengumpulan karya siswa yang akan diikutkan dalam lomba fotografi lingkungan, lomba desain logo JKPKA, dan lomba pemantauan kualitas air yang terbuka bagi seluruh anggota siswa SMA/SMK/MAN. Pemenang lomba akan diumumkan di acara Temu Karya Ilmiah pada Desember 2017.
Pemilihan Duta Sungai 2017 dan Radyastuti Award merupakan rangkaian acara inti yang menyemarakkan Acara Puncak Gebyar 20 Tahun JKPKA. Dalam pemilihan Duta Sungai para peserta yang mengikuti acara tersebut merupakan wakil-wakil pilihan dari SMA/SMK/MAN yang nantinya akan menjadi representasi dari generasi muda penggiat lingkungan. Radyastuti Award adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada para insan yang telah berperan aktif dalam mengawal JKPKA dan atas peran serta yang diberikan selama 20 tahun JKPKA berdiri. Nama Radyastuti Award diambil sebagai apresiasi terhadap Ibu Prof. Ir. Radyastuti Winarno, salah satu guru besar Universitas Negeri Malang (dahulu disebut IKIP Malang) di bidang Ekologi dan Pengetahuan Lingkungan yang merupakan salah satu perintis dan pendiri JKPKA. Beliau merupakan guru besar yang berupaya keras agar materi lingkungan bisa masuk dalam mata pelajaran SMA/SMK/MAN.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz