Enter your keyword

PJT I PEMECAHAN REKOR MURI PEMANTAUAN KUALITAS AIR DENGAN METODE BIOASSESSMENT TERBESAR DI INDONESIA

Info seputar Jasa Tirta 1

 PJT I PEMECAHAN REKOR MURI  PEMANTAUAN KUALITAS AIR DENGAN METODE BIOASSESSMENT TERBESAR DI INDONESIA

PJT I PEMECAHAN REKOR MURI PEMANTAUAN KUALITAS AIR DENGAN METODE BIOASSESSMENT TERBESAR DI INDONESIA

Perum Jasa Tirta I sebagai badan pengelola Sumber Daya Air (SDA), salah satu tugasnya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya melestarikan SDA sejak usia dini melalui pendidikan lingkungan. Dalam melaksanakan tugasnya, Perum Jasa Tirta I bekerjasama dengan Jaring-jaring Pemantauan Kualitas Air (JKPKA) sejak tahun 1997. Pada tahun 2017 ini, JKPKA memasuki usia ke-20 (dua puluh) tahun dan salah satu rangkaian acaranya adalah kegiatan ”Pemecahan Rekor MURI Pemantauan Kualitas Air dengan Metode Bioassessement Terbesar di Indonesia”.

Dalam beberapa tahun terakhir banyak bermunculan kegiatan-kegiatan masyarakat yang sadar akan lingkungan seperti sekolah sungai, dimana JKPKA dengan dukungan dari PJT I telah melaksanakan kegiatan ini selama 20 tahun. Hal ini yang perlu mendapatkan apresiasi atas keberlangsungan dan peran aktif pengurus dan anggota dari JKPKA.

Kegiatan pemantauan kualitas air atau bioassessment ini dilaksanakan serentak di 9 (sembilan) kota, Malang-Blitar-Tulungagung-Kediri-Jombang-Gresik-Surabaya-Madiun dan Boyolali, dengan jumlah peserta anggota JKPKA dengan total 1.505 peserta pada dua wilayah sungai yaitu Brantas dan Bengawan Solo.

Tujuan yang ingin dicapai adalah dapat diketahui kualitas air Sungai Brantas dan Bengawan Solo yang diukur berdasarkan metode sederhana dengan bioassessment. Dari hasil pengukuran tersebut dapat diketahui kondisi lingkungan yang ada sehingga diharapkan mampu memberikan kesadaran bagi masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.

Dengan pencatatan rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI) diharapkan dapat menjadi sarana informasi tentang lingkungan dan menambah pengetahuan masyarakat luas akan pentingnya lingkungan

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz