Enter your keyword

Optimalkan Suplay Air PJT I Lakukan Flushing Bendungan Wlingi - Lodoyo

Info seputar Jasa Tirta 1

Optimalkan Suplay Air PJT I Lakukan Flushing Bendungan Wlingi - Lodoyo

Optimalkan Suplay Air PJT I Lakukan Flushing Bendungan Wlingi - Lodoyo

Flushing adalah kegiatan penggelontoran bendungan yang bermaksud untuk pemeliharaan Waduk, Pembersihan sampah Trashrack dan pengerukan sedimen terutama pada sedimen di depan intake PLTA Wlingi – Lodoyo.

Direktur Perum Jasa Tirta I (PJT I) Raymond Valiant Ruritan mengatakan Flushing bertujuan diantaranya untuk mengoptimalkan suplai air irigasi Lodagung 15.132 ha, mengoptimalkan operasi PLTA Wlingi – Lodoyo, dan upaya mengembalikan volume efektif waduk Wlingi-Lodoyo dan memfungsikan kembali sand flushing Lodoyo serta menutup degradasi dasar sungai di wilayah Brantas tengah dan hilir,

Pada tahun 2017 ini Perum Jasa Tirta I melaksanakan Flushing pada tanggal 13 – 15 April 2017. Dengan rincian kegiatan Bendungan Lodoyo pada tanggal 10 April 2017 dimulai pukul 00.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB ditanggal 14 April 2017, Bendungan Wlingi pada tanggal 13 April 2017 dimulai pukul 22.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB ditanggal 14 April 2017, Waduk Wlingi akan diisi kembali tanggal 14 April 2017 pukul 18.00 WIB, sedangkan Waduk Lodoyo diisi kembali pada tanggal 15 April 2017 pukul 05.00 WIB.

Raymond menambahkan dalam persiapan Flushing PJT I bukan hanya mempersiapkan secara intern tetapi untuk kegiatan flushing ini PJT I berkoordinasi dengan pihak Ekstern yang diantaranya melaksanakan koordinasi, Informasi, dan sosialisasi pelaksanaan flushing kepada eksternal dan instansi terkait termasuk keamanan (Polres, Polsek/ Muspika, Dinas PSDA PUPR Propinsi Jawa Timur, BBWS Brantas, Dinas PSDA  Kab Blitar, Dinas PSDA Kab.Tulungagung, PT.PJB UP Brantas, PDAM dan Industri di hilir) disampaikan melalui surat pemberitahuan.

Raymond berharap karena flushing debit sungai akan cenderung naik maka sebagai pengamanan pada saat pengelontoran/Flushing dianjurkan masyarakat sekitar untuk tidak beraktifitas di sekitar sungai serta waduk Wlingi dn Lodoyo seperti mencari ikan, penyeberangan dan lain-lain. (say_pjt1)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz