Enter your keyword

Best Practice Hasil Seminar INACID untuk Pelayanan Irigasi

Info seputar Jasa Tirta 1

Best Practice Hasil Seminar INACID untuk Pelayanan Irigasi

Best Practice Hasil Seminar INACID untuk Pelayanan Irigasi

Air  mempunyai peran vital dalam segala aspek kehidupan, terlebih untuk keberlangsungan pertanian.  Mengingat pentingnya pertanian dalam mendukung program ketahanan pangan, maka Indonesian National Committee on Irrigations and Drainage (INACID) menyelenggarakan seminar dengan tema “Modernizing Irrigation and Drainage for a New Green Revolution” pada 10-11 Maret 2017 di Jambi.

Seminar yang dibuka oleh Menteri PUPR Dr. Ir. Basuki Hadimuljono M.Sc tersebut diharapkan diperoleh gagasan serta pendapat para ahli dalam pendayagunaan sumber daya air untuk irigasi dan drainase dalam  mendukung kedaulatan pangan nasional tanpa mengesampingkan aspek konservasi dan pengendalian daya rusak air.

Secara rinci,  Dirjen SDA Kementerian PUPR Imam Santoso menjelaskan beberapa hal yang menjadi tantangan terkait irigasi yaitu rendahnya ketersediaan air irigasi. Hanya 11% luas irigasi yang airnya disediakan  dari waduk. Target pembangunan bendungan sampai tahun 2022 adalah sebanyak 65 bendungan untuk mengoptimalkan irigasi pertanian. Nantinya setelah bendungan-bendungan tersebut telah terbangun ditargetkan pelayanan air irigasi dari waduk naik menjadi 17%.

Di sisi lain, prasarana irigasi rusak sebesar 46% dimana 84% diantaranya merupakan irigasi kewenangan provinsi dan kabupaten. Belum fungsionalnya seluruh daerah irigasi yang telah dibangun oleh pemerintah. Luas fungsional daerah irigasi, yaitu luas daerah irigasi yang dapat diairi, diperkirakan baru 70% dari luas irigasi nasional 7,145 juta hektar. Untuk mengatasi hal akan diambil langkah yang tepat melalui audit kinerja irigasi untuk melihat kondisi dan identifikasi irigasi di Indonesia. Dari identifikasi, bangunan sarana yang rusak akan dilakukan direhabilitasi dan modernisasi.

Perum Jasa Tirta I yang mempunyai tugas pelayanan umum menyediakan air untuk irigasi turut serta  dalam seminar tersebut. Best practice yang dibahas dalam seminar tersebut dapat dijadikan pelajaran untuk  mendukung pelayanan Perum Jasa Tirta I kepada masyarakat (alim_spi)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz