Enter your keyword

Upaya Konservasi Alam yang Berbasis pada Sustainable Development di Perum Jasa Tirta I

Info seputar Jasa Tirta 1

Upaya Konservasi Alam yang Berbasis pada Sustainable Development di Perum Jasa Tirta I

Pada saat ini kerusakan alam menjadikan kehidupan dan penghidupan manusia serta ekosistemnya terancam. Rusaknya ekosistem alam mengakibatkan nilai guna pada alam tidak berfungsi dengan baik. Sebagai konsekuensi dari hal itu adalah terganggunya fungsi lingkungan hidup. Oleh karena itu, untuk menjawab tantangan tersebut diperlukan upaya yang nyata dan tepat sasaran salah satunya adalah dengan konservasi alam. Karena dengan konservasi alam kita dapat melindungi, melestarikan dan menjadikan pemanfaatan ekosistem alam dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Seperti kutipan dalam Karya Ilmiah yang ditulis oleh Amelia, Purba ed. (2002: 18-20) dimana terdapat lima prinsip utama dalam pembangunan berkelanjutan yakni (1) keadilan antar generasi; (2) keadilan dalam satu generasi; (3) pencegahan dini; (4) perlindungan keanekaragaman hayati; dan (5) internalisasi biaya lingkungan dan mekanisme insentif. Kelima prinsip di atas, mengandung makna bahwa pembangunan seharusnya memberikan jaminan keserasian, keselarasan dan keseimbangan dengan daya dukung lingkungan. Oleh karena itu, daya dukung lingkungan yang ada di wilayah konservasi alam seharusnya tetap terpelihara dan terjaga baik sehingga dapat dimanfaatkan secara terprogram dan lestari bagi kesejahteraan generasi mendatang.

Guna mendukung upaya tersebut Perum Jasa Tirta I sebagai BUMN yang diberi amanat untuk melakukan Konservasi Sumber Daya Air sesuai dengan UU No.46 Tahun 2010, memiliki peran untuk menunjang upaya pelestarian alam pada umumnya dan konservasi air pada khususnya dengan prinsip Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development). Salah satu upaya nyata yang telah dilakukan guna mendukung hal tersebut adalah dengan melakukan kerjasama pelestarian alam seperti yang telah dilaksanakan oleh Perum Jasa Tirta I Divisi IV/I Madiun yang menjalin kerjasama dengan Universitas Merdeka Madiun. Program kerjasama yang telah dilakukan oleh kedua belah pihak telah secara resmi berjalan dengan diadakannya seremonial pada tanggal 10 Februari 2016 yang dihadiri oleh Rektor Unmer Madiun Dr. Ir. Rahmanta Setiahadi, M.P serta Perwakilan dari Perum Jasa Tirta I yaitu Leda Kiswanto dan Sidik Suparto.

Adapun bentuk dari kerjasama tersebut diwujudkan dengan penanaman bibit pohon langka seperti Pohon Matoa, Sawo Kecik, Sukun. Selain penanaman bibit pohon langka kerjasama ini juga berorientasi pada penerapan Teknologi Lubang Resapan Biopori yang memiliki beberapa manfaat yaitu 1) meningkatkan daya resapan air 2) mengubah sampah organik menjadi kompos dan mengurangi emisi gas rumah kaca (CO2 dan Metan) serta 3) memanfaatkan peran aktivitas fauna tanah dan akar tanaman dan mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh genangan air seperti penyakit Demam Berdarah dan Malaria.

Kerjasama yang dilakukan oleh kedua institusi tersebut selain sebagai perwujudan nyata dari upaya untuk melakukan konservasi alam, juga memiliki tujuan lain yaitu untuk memberikan sarana edukasi. Peran dari sarana edukasi ini juga tidak kalah pentingnya dengan upaya konservasi alam itu sendiri karena dengan adanya sarana edukasi ini fungsi Sustainable Development dapat berjalan melalui transfer pengetahuan sehingga generasi mendatang dapat belajar tentang signifikansi upaya konservasi alam bagi kemaslahatan umum secara umum dan lingkungan kampus Unmer Madiun pada khususnya serta diharapkan untuk kedepannya kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang sesuai dengan tujuan awal dimana kerjasama ini dilakukan oleh kedua institusi.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz