Enter your keyword

Jaga Keseimbangan Ekosistem Air Waduk, Perum Jasa Tirta Tebar 240.000 Ekor Bibit Ikan di waduk Sutami dan Lahor

Info seputar Jasa Tirta 1

Jaga Keseimbangan Ekosistem Air Waduk, Perum Jasa Tirta Tebar 240.000 Ekor Bibit Ikan di waduk Sutami dan Lahor

tebar-ikan

Pada tanggal 24 dan 25 Juli 2014, Waduk Sutami dan Waduk Lahor menjadi saksi dilakukannya penebaran 240.000 ekor bibit ikan. Penebaran yang dipimpin langsung oleh Ka. Sub Div Jasa ASA I/1, Arief Budiyantono, ST., MT, beserta Quality Controller dan tenaga ahli dibantu pengatur dan sejumlah staf dari Divisi Jasa ASA-I. Dalam kegiatan tersebut, sejumlah 120.000 ekor bibit ikan Nila Gift ditebar di Waduk Sutami dan sisanya ditebar di Waduk Lahor. Jenis ikan Nila Gift dipilih karena tingkat pertumbuhannya yang sangat pesat dan memiliki keunggulan sebagai pemakan plankton.

Penebaran bibit ikan setiap tahun rutin dilakukan di Waduk Sutami dan Waduk Lahor. Dalam Tahun 2014, tercatat penebaran bibit ikan telah 3 kali dilaksanakan. Dua diantaranya dilakukan oleh pihak eksternal yaitu pada kegiatan Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan ke XIV yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Malang dan yang terakhir penebaran dilaksanakan oleh Kementerian Kelautan.

Sebagai salah satu bentuk kegiatan konservasi daerah aliran sungai (DAS), kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya eutrofikasi atau algal bloomyaitu pencemaran air yang disebabkan oleh ganggang. Eutrofikasi terjadi karena adanya nutrient yang berlebih dalam ekosistem air sehingga air menjadi lebih produktif bagi tumbuhnya biomassa seperti enceng gondok. Selain itu Eutrofikasi juga menyebabkan warna air menjadi kehijauan, tingkat kekeruhan meningkat dan air menjadi berbau tak sedap atau dengan kata lain kualitas air menurun.

Penebaran bibit ikan ini merupakan wujud kepedulian Perum Jasa Tirta I dalam menjaga keseimbangan ekosistem air waduk dan menjaga kualitas air untuk konsumen dan masyarakat luas pengguna air. (Dee)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz